Kota Malang (Humas) – Usai kunjungan dua hari yang lalu, pada hari Kamis (07/03/2024) pagi ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang kembali mendapat rombongan kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Mahasiswa Universitas Islam Negeri Salatiga Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam FTIK dengan jumlah 108 Mahasiswa bersama 10 dosen pendamping diterima di Aula PSBB Madrasah. Ketua rombongan sekaligus Dekan FTIK Prof. Dr. Mansur, M.Ag diterima oleh para wakil kepala madrasah diantaranya Dr. Gunawan MA Sarpras, Anita Yusianti, M, Pd dan Waka Humas Miftachul Ula, BISS, M. Ag serta Tim Humas dan BK Madrasah Dra. Arbaniati. Maksud dan tujuan kunjungan KKL adalah melihat dari dekat profil MAN 2 Kota Malang dengan segala proses pembelajaran dan permasalahannya serta proses prestasi studi lanjut.

Dalam sambutanya, Prof. Dr. Mansur, M.Ag mewakili rombongan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Islam Negeri Salatiga Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam menyampaikan bahwa MAN 2 Kota Malang adalah Madrasah yang telah terbukti prestasinya di Indonesia, kedepan dengan adanya Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini mahasiswa kami bisa mengetahui proses lembaga yang telah berprestasi akademik dan non akademik dengan segala kelebihan serta permasalahannya.

“ Kunjungan kami hadir dalam rangka studi lapangan untuk bisa mengetahui lebih banyak tentang madrasah yang sudah banyak prestasinya di Indonesia, untuk itu kami mendampingi mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam di MAN 2 Kota Malang ini tentunya harapan kami, para mahasiswa kami kedepan bisa meniru ketika mereka nanti mengelola sebuah lembaga pendidikan sekolah atau madrsah.’’ ucap Prof. Mansur.

Sementara itu Dr. Gunawan wakil kepala madrasah bidang sarana prasarana menyampaikan selamat datang kehadiran rombongan tamu Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Islam Negeri Salatiga, sekaligus memaparkan tentang profil dan prestasi madrasah secara umum dan strategi di zaman kepemimpinan kepala madrasah sehingga proses MAN 2 Kota Malang menjadi salahsatu madrasah berprestasi seperti saat ini.

“Selamat datang di MAN 2 Kota Malang sebagai salah satu Madrasah unggulan dan sekaligus sebagai salah satu madrasah berprestasi nasional dan internasional nya mampu meluluskan alumninya di berbagai perguruan tinggi favorit dalam negeri dan PT luar negeri tidak lepas dari peran aktif dan strategi masing-masing kepemimpinan kepala madrasah di eranya. Setiap kepala madrasah berusaha mewujudkan apa yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat melalui serangkaian kegiatan pembelajaran dengan permasalahan dan solusinya. Termasuk dengan berbagai proses dan program kerja yang berorientasi kepada peningkatan kualitas dan prestasinya selama ini.” kata Usgun panggilan akrabnya.

Menurutnya, madrasah selama ini telah berproses dengan kerja keras selama ini tidak lepas dari inovasi semua kepala madrasah, termasuk strategi kepala madrasah H. Abdul Djalil. ” Proses prestasi demi prestasi di raih oleh peserta didik tidak lepas dari kepemimpinan kepala madrasah, diawali dengan Bapak H. Abdul Djalil yang sudah mengawalinya , kemudian diteruskan program unggulan dan inovasi pembelajaranya untuk dipertahankan dan dikembangkan oleh penerus kepala madrasah hingga sekarang ini.” Ucap Waka Sarpras.

Usgun mengatakan bahwa beberapa inovasi strategi yang telah dilakukan oleh gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mengelolah dan mendukung program unggulan Madrasah selama ini telah menghasilkan prestasi sampai dengan mengawalnya hingga studi lanjut tersebut tidak lepas dari peran guru BK dan seluruh GTK serta suport Komite.

” Dalam mendukung pelaksanaan proses prestasi dan studi lanjut selama ini tidak lepas peran guru bimbingan konseling dan layanan tupoksi masing-masing semua guru dan tendik madrasah serta komite yang bersinergi dalam mendukung prestasi peserta didik.” Pungkas Usgun yang juga menjadi guru bahasa arab madrasah.

Sementara itu Anita Yusianti, M.Pd menyampaikan bahwa MAN 2 Kota Malang sebagai madrasah yang mempunyai program unggulan INSAN PRO, MADUMANJA dan EDU PANDA tidak lepas dari optimalisasi peran juga guru BK Madrasah dengan layanan dan ikhtiar dalam pendampingan peserta didik.

” Guru BK madrasah selama ini mendampingi peserta didik selama 24 jam , sehingga menghasilkan capain banyak prestasi yang diraih utamanya studi lanjut di perguruan tinggi dalam negeri dan berbagai negara selama ini. ” ucap Mrs.Anita panggilan akrabnya yang juga sebagai guru bahasa inggris madrasah.

Wakahum Miftachul Ula menambahkan proses beberapa program unggulan madrasah yang mendukung kunci prestasi yang sudah diraih peserta didik selama ini. ” Prestasi selama ini tidak lepas dari Program Unggulan INSAN PRO melalui program Kelas Olimpiade, Internalisasi Ke Islaman dan Sains, Pemberdayaan Alumni dan Champions Patnership yang berkolaborasi dengan Kemahadan untuk karakter yang Beraklaqul karimah.” ujar Wakahum

Wakahum juga menyampaikan pembinaan yang rutin dan tersistem dengan baik akan menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap event.

” Alhamdulillah pendampingan dan pembinaan mata pelajaran dan spiritual yang rutin dan tersistem selama ini dilakukan dengan baik, untuk menambah kepercayaan diri peserta didik dalam menghadapi setiap perlombaan dan menambah kesuksesan dalam karirnya.” Pungkasnya.

Dalam sesi tanya jawab tersebut yang dipandu Wakahum tentang pertanyaan pembelajaran , prestasi studi lanjut dan proses pembelajaran, LDC, kurikulum yang disampaikan oleh mahasiswa KKL UIN Salatiga dijawab hingga akhir acara oleh Waka kurikulum Anita Yusianti dan BK Madrasah. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait